Tuesday, April 26, 2016

Manfaat Jahe untuk Kesehatan Tubuh

Jahe memiliki bahasa latin Zingiber Officinale yang merupakan salah satu tanaman yang sangat populer di kalangan masyarakat. Tanaman yang satu ini digunakan sebagai obat alami dan juga rempah-rempah. Jahe telah dimanfaatkan sebagai minuman untuk menghangatkan tubuh di musim dingin. Ini dikarenakan jahe memiliki sifat yang bisa membantu menghangatkan tubuh. Tak heran apabila banyak produsen makanan atau minuman yang menggunakan jahe sebagai salah satu bahan untuk pembuatan. Sebagai tanaman herbal tentu jahe memiliki sumber manfaat baik untuk tubuh. Nah untuk mengetahui apa saja manfaat jahe untuk tubuh, simak pada pembahasannya di bawah ini!

Berikut Manfaat Jahe untuk Kesehatan Tubuh

Membantu dalam Menghangatkan Tubuh

Manfaat jahe untuk kesehatan tubuh yang pertama adalah membantu dalam menghangatkan tubuh. Ketika musim dingin atau penghujan, banyak masyarakat yang memanfaatkan jahe sebagai minuman yang bisa untuk menghangatkan tubuh. Di samping itu jahe ini juga mempunyai sifat sebagai anti virus dan juga anti toksin yang bisa membantu dalam mengobati batuk maupun mencegah masuk angin. Saat ini wedang jahe sudah banyak ditemukan di berbagai daerah di Tanah Air.

Membantu Melancarkan Pencernaan

Manfaat dari jahe berikutnya adalah membantu dalam melancarkan pencernaan pada tubuh. Selain membantu dalam menghangatkan tubuh, ternyata jahe juga memiliki manfaat dalam melancarkan sistem pencernaan tubuh. Jahe dapat membantu dalam proses penyerapan makanan serta membantu dalam kelancaran pembuangan sisa dari makanan yang dicerna tubuh. Di samping manfaatnya tersebut ternyata jahe juga memiliki sifat untuk membantu mengurangi peradangan.

Membantu dalam Mengatasi Masalah pada Pernafasan

Manfaat jahe untuk tubuh berikutnya adalah membantu dalam mengatasi masalah pada pernafasan. Masalah pernafasan yang satu ini dimaksudkan adalah batuk dan juga pilek. Jahe termasuk ke dalam tanaman berjenis ekspektoran alami yang memiliki fungsi untuk membantu melegakan sistem pernafasan pada tubuh dengan bekerja memecahkan serta menghilangkan lendir. Dengan manfaat dan fungsinya tersebut dapat memilihkan sistem pada pernafasan tubuh.

Mengatasi Rasa Nyeri dan Memar

Jahe mengandung senyawa anti inflamasi yang dapat berfungsi untuk membantu meredakan nyeri pada tubuh secara alami entah itu akibat benturan atau lainnya. Dengan kandungannya tersebut membuat jahe juga memiliki fungsi untuk mengurangi gejala penyakit rematik. Nah untuk itu jangan ragu dalam mengonsumsi roti jahe atau wedang jahe yang tentunya meyimpan banyak manfaat untuk tubuh.

Membantu dalam Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat jahe selanjutnya adalah membantu dalam menurunkan tekanan dalam darah. Jahe bisa membantu dalam proses pelepasan hormon adrenalin serta membantu dalam memperlebar pembuluh darah agar darah mengalir dengan lancar serta dapat meringankan kinerja dari jantung dalam memompa darah ke seluruh tubuh.



Membantu dalam Menurunkan Kolesterol pada Tubuh

Pada beberapa studi menyatakan bahwa jahe bisa membantu dalam mengurangi proses penyerapan kolesterol di dalam darah serta hati. Ini dikarenakan jahe memiliki kandungan gingerol dan juga efek sifat antikoagulan yang bisa membantu mencegah terjadinya penggumpalan darah. Seperti yang mungkin kita ketahui bahwa kadar kolesterol tinggi pada tubuh dapat menyebabkan berbagai masalah pada kesehatan tubuh.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai beberapa manfaat dari jahe untuk kesehatan tubuh. Dengan segala manfaatnya tersebut tak heran apabila saat ini banyak produk yang menjadikan jahe sebagai bahan untuk pembuatan. Manfaat lain dari jahe ini adalah seperti membantu dalam mengatasi perut kembung.

Baca

No comments:

Post a Comment